ABOUT FEELING

Hidup laksana perputaran sebuah roda, yang terkadang berada di atas, tapi tak bisa dipungkiri terkadang di posisi bawah. Saat kita sedang tinggi-tingginya, berarti kita sedang berada diatas sebuah putaran. Dan ketika kita jatuh dengan posisi yang lebih kejam dari sebuah kejatuhan biasa, berarti kita sedang berada pada bagian bawah putaran roda tersebut. Tapi , sekarang kita gak bakal membicarakan tentang kehidupan. Sekarang kita bicarakan tentang perasaan. Yang ternyata perasaan tidak beda jauh dengan kehidupan yang seperti roda. Yaa, tentang perasaan seperti putaran roda juga.

“Ada perbedaan yang mendasar antara rasa yang dirasakan oleh jiwa (perasaan) dan yang dirasakan oleh fisik. Jika kita menusuk tangan (indra kulit) 10 orang dengan menggunakan jarum, maka kesepuluh orang tersebut akan merasakan sakit pada tangan mereka. Tapi berbeda, jika kita hadapkan satu peristiwa, taruhlah contoh peristiwa meninggalnya ayah, pada 10 orang yang berbeda. Tiap orang akan merasakan sesuatu yang berbeda. Yang satu mungkin akan histeris, sedangkan yang lain bisa jadi sedih tapi tidak sampai histeris, dan yang lainnya mungkin dianggap biasa. Orang hidup cepat atau lambat akan meninggal dunia. Dari dua peristiwa diatas dapat kita ambil kesimpulan. Rasa sakit (indrawi) bersifat statis dan mekanistis, tetapi perasaan bersifat dinamis.
Jadi, perasaan adalah salah satu fungsi merasa bagi jiwa, seperti perasaan marah, sedih, bahagia, gembira, malas, bosan, dsb. Sedangkan rasa sakit seperti sakit pada kulit yang terluka, bau harum, suara yang memekakkan telinga atau rujak yang pedas bukanlah fungsi perasaan, tetapi fungsi indrawi”.

Inilah perasaan yang akan kita bicarakan. Perasaan yang terdapat pada jiwa yang terkadang berada pada sebuah posisi putaran roda kehidupan, eh sorry, roda perasaan.

Ketika kita merasakan bahwa ketidak adilan pada sebuah kehidupan, banyak orang berada disekeliling kita, tapi kita merasa bahwa kita sendiri dan tak ada perhatian dari orang yang ada disekitar tersebut, sebenarnya kita sedang berada pada suatu keadaan dimana kita ada diposisi bawah dari suatu putaran roda perasaan. Dan kondisi ini pula yang terkadang membuat kita merasa bahwa ini bukan jalan terbaik dari sebuah kehidupan, sehingga banyak hal yang dilakukan diluar nalar manusia untuk mengakhiri kondisi seperti itu. Yaa, kalo bisa dilihat dulu sebab dan akibat yang kita ambil bila kita berada diposisi tersebut, sehingga walau kita berada di posisi bawah dari sebuah putaran roda perasaan, kita bisa bertindak dengan benar.

Disisi lain, ada perasaan yang terkadang membuat kita lupa segalanya, termasuk apa yang sedang kita lakukan. Perasaan bahagia yang berlebihan ketika sedang mendapat apa yang telah diimpikan begitu lama, kemudian kita mendapatkannya, mebuat kita lupa semua dengan kondisi yang ada disekeliling kita. Adakalanya kita untuk bersikap bahagia, tapi harus bahagia yang sewajarnya. Kondisi kebahagiaan itu merupakan, kondisi kita pada saat berada di atas dari sebuah putaran roda perasaan. Dan langkah yang tepat ketika kita ada diposisi itu adalh, dengan membagi kebahagiaan tersebut kepada orang lain disekitar kita, dan bersyukur dengan apa yang kita terima.

Roda perasaan sama seperti roda kehidupan, sellau berputar tanpa kita tahu kita ada posis mana ketika roda itu berhenti. Ketika kita diatas, jangan jadikan itu sebagai sesuatu yang diagung-agungkan, karena itu hanya sementara, tergantung siapa yang memberinya. Dan ketika kita dibawah, jangan ratapi dan sesali semua kondisi itu, karena hal nin akan segera berlalu. Hari ini kita dibawah, siapa tahu besok diatas.

Banyak introspeksi dan jangan sesali kondisi yang ada, kemudian mulailah bersyukur dan berbagi dengan orang sekitar, tentang kepahitan hidup, an tentunya tentang kebaghagiaan hidup. Karena ini tentang perasaan, this is about feeling.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s