three things

sebenarnya ada banyak hal yang harus kita bahas bersama dan harus disampaikan. tapi untuk saat ini, hanya tiga hal yang akan disampaikan.

pertama : perlu banyak persimpangan dalam hidup (03112006)

kehidupan laksana sebuah perjalanan. bila perjalanan yang kita lakukan adalah perjalanan setapak yang berbatu, licin, menanjak, menurun, curam, terjal, tanpa adanya persimpangan, maka akan sangat susah. tapi bila ada persimpangan, kita dapat singgah sejenak, atau kalau perlu memilih persimpangan tersebut.

sama halnya dengan sebuah pilihan. dalam hidup harus ada dan kalo perlu kita memiliki banyak pilihan. karena dengan adanya pilihan, kita bisa berpikir mana yang terbaik dari pilihan tersebut, yang juga akan membawa pada akhir yang terbaik.

kedua : siapa diri kita masing-masing? (04112006)

perjalanan kehidupan ini akan membawa kita pada sebuah akhir dari perjalanan itu sendiri. dan dalam prosesnya, kita harus tahu kapan kita bahagia, bersedih, berhasil, gagal, kecewa, dan hancur. tapi yang terpenting adalah bahwa walau kita tidak tahu apa yang ada di akhir perjalanan ini, tapi kita harus tahu “who i am?”. siapa diri kita sebenernya, dan siapa diri kita masing-masing. karena tujuan dari perjalanan itu sendiri adalah untuk mencari jati diri dari si pelaku perjalanan tersebut.

ketiga : jadikan hal kecil sebagai bagian dari proses (05112006)

beberapa orang mungkin terkadang menganggap hal-hal kecil tidak terlalu penting. padahala perlu kita ketahui bersama, bahwa, tidak ada sesuatu yang besar kalo tidak ada yang kecil. hal-hal yang kecil, walaupun sebagai pelengkap, akan sangat berpengaruh terhadap hasil yang besar.

jadi, jangan anggap enteng sesuatu yang keci, dan jadikan hal kecil sebagai bagian dari proses perjalanan yang besar.

Oleh : Jaeni Supratman

https://jaenisupratman.wordpress.com/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s