Sejarah Al-Bahri

Logo AB

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Al-Bahri Kota Bekasi berada di Jalan Yon Armed 7/105-GS No. 143 Kelurahan Cikiwul Kecamatan Bantargebang Kota Bekasi. SMK Al-Bahri berada di bawah naungan Lembaga Pendidikan Al-Bahri (LPAB) yang berdiri pada tanggal 22 Februari 2004, oleh Bapak Drs. H. Sjamsulbahri dan rekan-rekannya, yang pada tahun 2016 berubah nama menjadi Yayasan Al-Bahri Prima Nusantara. Sedangkan ijin opersional dan status sekolah keluar pada tahun 2005 dari Dinas Pendidikan Kota Bekasi. Adapun untuk kegiatan belajar mengajar di SMK Al-Bahri dilaksanakan secara kombinasi, yaitu pagi dan siang secara bergantian dari hari senin sampai sabtu.

Perkembangan SMK Al-Bahri Kota Bekasi daru tahun ketahun mengalami peningkatan yang cukup baik, dengan ditandai semakin banyaknya siswa yang masuk dan belajar di SMK Al-Bahri. Tercatat pada tahun pelajaran 2014/2015, terdapat +- 2500 siswa dari 5 (lima) kompetensi kejuruan yang ada, yaitu : Teknik Pemeliharaan Mekanik Industri (TPMI), Teknik Kendaraan Ringan (TKR), Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ), Akuntansi (Ak), dan Administrasi Perkantoran (AP). SMK Al-Bahri memiliki dua gedung operasional, Gedung A yang terletak persis di depan Markas Yon Armed 7, dan Gedung C, yang terletak dijalan Yon Armed, namun terletak sekitar 500m dari gedung Utama (Gedung A). Dan itu semua tidak terlepas dari mutu pendidikan SMK Al-Bahri yang banyak meraih prestasi, baik dalam bidang akademik maupun non-akademik seperti kegiatan ekstrakurikuler.

Dari awal berdiri, SMK Al-Bahri telah mengalami 4 kepemimpian Kepala Sekolah. Yang pertama adalah Bapak Drs. H. Sjamsulbahri, yang saat itu menjadi pendiri. Kemudian dari awal 2005 – 2013, SMK Al-Bahri dipimpin oleh Bapak Drs. Sukoco. Tahun 2013-2014, SMK Al-Bahri dipimpin oleh Bapak Suyanto, S.Pd.I., dan terakhir dari tahun 2015 sampai saat ini tahun pelajaran 2016/2017, yang menjabat sebagai kepala sekolah adalah Bapak Miftachurochman, S.T.

Adapun untuk Visi dan Misi SMK Al-Bahri adalah sebagai berikut :

Visi SMK Al-Bahri yaitu :

“Menjadi lembaga pendidikan yang dapat mendidik dan mengembangkan potensi siswa dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi serta membentuk mental (karakter) yang dilandasi nilai-nilai spiritual sehingga diharapkan kelak menjadi manusia yang mampu memimpin diri sendiri serta bermanfaat dan berguna bagi orang lain.”

Sedangkan Misi dari SMK Al-Bahri yaitu :

  1. Menambahkan kedisiplinan;
  2. Membudayakan kerja keras untuk meraih kesuksesan;
  3. Mengembangkan potensi siswa secara dinamis, komunikatif, dan interaktif; dan
  4. Menanamkan nilai-nilai ke-Islaman dalam perilaku sehari-hari.

SMK Al-Bahri beralamat di  Jalan Yon Armed 7/105-GS No. 143 Kelurahan Cikiwul Kecamatan Bantargebang Kota Bekasi. Batas-batas wilayah terdekat adalah sebagai berikut :

  1. Sebelah barat : berbatasan dengan kediaman penduduk, dan sekitar 300 meter ke barat adalah Jalan Raya Siliwangi (Narogong), yang merupakan jalan provinsi.
  2. Sebelah timur : berbatasan dengan perumahan penduduk, dan beberapa perusahaan indsutri.
  3. Sebelah utara : berbatasan dengan rumah penduduk dan jalan raya Sumur Batu, yang menghubungkan Kecamatan Bantargebang, Sumur Batu, dan Kecamatan Setu.
  4. Sebelah selatan : merupakan akses utama menuju SMK Al-Bahri, yaitu Jalan Yon Armed 7/105-GS. Dan disebelah selatan juga SMK Al-Bahri bersebrangan / berhadapan langsung dengan Asrama Batalyon Artileri Medan 7/105-GS.

Lokasi sekolah mudah dijangkau dari berbagai arah karena letaknya yang cukup strategis dan dekat dengan jalan provinsi. Selain itu, lokasi sekolah yang berdekatan dengan wilayah militer, sangat besar pengaruhnya terhadap tindak kejahatan yang biasa terjadi didaerah umum.

  1. Keadaan Fisik Sekolah, Lingkungan dan Tata Tertibnya
  2. Gedung sekolah terdiri dari tiga lantai, dan merupakan milik sendiri.
  3. SMK Al-Bahri memiliki lingkungan sekolah yang mendukung KBM (Kegiatan Belajar Mengajar) karena suasana yang tenang, nyaman dan asri.
  4. Tata tertib disekolah meliputi tata tertib untuk pegawai baik guru maupun karyawan, serta tata tertib untuk siswa. Secara umum, siswa, guru, dan karyawan sangat disiplin dan melaksanakan tata tertib dengan sungguh-sungguh. Dan setiap pelanggaran yang terjadi akan mendapatkan penanganan yang serius.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s